Galeri

Lava Pijar dan Dentuman Gunung Bromo Semakin Sering


Lava Pijar dan Dentuman Gunung Bromo Semakin Sering

MCNN,Probolinggo  – Fase erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo semakin mendekati puncak. Tidak hanya menyemburkan material vulkanik kasar berupa pasir.

Melainkan saat ini  juga mulai melontarkan lava pijar yang disertai suara dentuman dan gemuruh keras.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) Gunung Bromo, Ahmad Subhan mengatakan, saat ini semburan material vulkanik telah mencapai ketinggian 3.529 meter diatas permukaan laut (Mdpl).

“Saat ini semburan materi vulkaniknya menuju ke arah timur laut atau kawasan pemukiman penduduk warga suku Tengger,” terangnya kepada media cakra nusantara news. Selasa, (26/01/2016).

Ia menambahkan, sejak beberapa hari terakhir dari kawah Gunung Bromo teramati mulai melontarkan lava pijar dengan radius 100 meter. Namun, muntahan lava pijar ini hanya bisa teramati pada malam hari.
Sebab kata Subhan, pada saat siang hari muntahan lava pijar itu sudah tidak kelihatan.

“Secara seismograf di pos menunjukkan. gempa tremor kembali menguat dengan kisaran 3 mendatar 36 milimiter dominan 13 milimeter. Namun, gempa letusan tidak terjadi karena fragmentasi magma sudah keluar dari permukaan kawah dalam bentuk lava pijar,” ucapnya.

Meski pada saat ini erupsi Gunung Bromo semakin mendekati puncaknya. Namun, Subhan menegaskan, kalau pihaknya belum bisa menaikkan status gunung yang dikenal dengan keeksotisannya itu dari siaga menjadi awas.*AJISURYA

Komentar ditutup.