Galeri

Eks Gafatar: Tunjukkan Kalau Kami Sesat!


Eks Gafatar: Tunjukkan Kalau Kami Sesat!

MCNN,Jombang –Eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) menolak dikatakan sesat. Alasannya, sebelum dibubarkan, Gafatar merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan budaya.

Demikian ditegaskan Rudiono (38), mantan pengurus Gafatar Cabang Jombang. “Kalau kami dikatakan sesat. Tolong tunjukkan di mana letak sesatnya. Justru Gafatar itu aktif dalam kegiatan sosial,” ujar Rudiono, saat berada di ruangan penampungan sementara SMA Negeri 3 Jombang, Senin (25/1/2016).

Rudiono beserta tiga keluarga lainnya tiba di Jombang, Minggu (24/1/2016) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Rudiono termasuk rombongan yang dipulangkan dari Mampawah, Kalimantan Barat (Kalbar), hal itu menyusul dibakarnya tempat pemukiman yang mereka tinggali.

Apa benar Gafatar berubah menjadi NKSA (Negara Karunia Semesta Alam)? Rudiono hanya menggelengkan kepala. Dia mengaku, baru mendengar nama NKSA justru dari wartawan.

“Saya tidak tahu. Malah baru mendengar dari sampeyan (Anda),” ujar warga Desa Ngumpul, Kecamatan Jogoroto, Jombang ini.

Rudiono lantas menjelaskan bahwa keberangkatannya ke Kalbar akhir tahun lalu atas inisiatifnya sendiri. Tidak ada paksaan sedikit pun dari pihak lain.

Namun demikian, dia mengakui bahwa sebelum berangkat ke Kalbar sempat menjual rumah. Selain dirinya, Rudiono juga mengajak Istri dan dua anaknya.

“Sekali lagi, pergi ke Kalbar adalah niat kami sendiri. Selama di sana (Kalbar), kami menekuni bidang pertanian dan bercocok tanam,” pungkas Rudiono.

Tiga keluarga lain yang dipulang dari Kalbar adalah Ibrahim (41) beserta istri, Erma (31), warga Desa Bakalan Rayung, Kecamatan Kudu. Ibrahim juga membawa tiga orang anaknya yang masih balita.

Kemudian keluarga Masbukhin (50), warga Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben. Masbukhin bersama istrinya, Musamah (45) dan empat orang anak. Terakhir adalah keluarga Eko Daru Seto (33), warga Desa Mojokambang, Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Eko juga membawa istrinya, Juriah (29), serta dua orang anak yang masih balita.

Komentar ditutup.