Galeri

PNS Lantamal V Raih Juara Satu Lomba Karya Tulis Bahasa Ingris


170215 up benderaCNN_RI,Surabaya – Pangkalan Utama TNI AL  (Lantamal) V berhasil meraih juara satu lomba Karya Tulis bahasa inggris tingkat kotama TNI AL wilayah Surabaya dalam rangka hari Armada tahun 2014. Hal itu terlihat saat komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah selaku Irup menerima piala pada upacara bendera di lapangan apel Mako lantamal V, Selasa (17/2).

Adalah Evi Martiningsih, PNS Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal V merupakan satu-satunya peserta dari Lantamal V yang menjadi juara satu tingkat PNS dari 40 orang peserta lomba yang diikuti militer dan PNS. Untuk militer, juara satu mayor Laut (P) Dikri Rizani dari KRI Tombak-629, juara dua Mayor Laut (P) Rasyid Al Hafiz dari Satran Koarmatim dan juara tiga diraih Mayor Laut (P) Ignatius Bagus dari KRI Cakra-401.

Sedangkan untuk tingkat Bintara dan Tamtama, juara satu Serma Kom Duet dari Pusdik Banmin Kobangdikal, juara dua Peltu Mar Jonathan Agung N dari pasmar-1 dan juara ketiga serka Mar Wahyu Kurniawan dari Akademi Angkatan Laut (AAL).

Piala diserahkan langsung oleh Evi -sapaan Evi Martiningsih kepada Komandan Lantamal V sebelum membacakan amanat Kasal pada upacara bendera dan disaksikan peserta upacara.

Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Lantamal V mengatakan bahwa perkembangan situasi di dunia masih diwarnai berbagai gejolak. Saat ini gerakan radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), semakin menunjukan kebrutalannya, baik dalam penyerangan dan penguasaan suatu wilayah maupun dalam memperlakukan tawanannya.

Pada sisi yang lain, saat ini di kalangan masyarakat Indonesia juga tidak terbendung adanya gerakan-gerakan yang bersimpati bahkan mendukung gerakan ISIS dengan memanfaatkanisu-isu agama. Hal ini tentu bertentangan dengan prinsip-prinsip kenegaraan yang kita anut, bertentangan dengan Pancasila, tidak selaras dengan Bhineka Tunggal Ika bahkan berlawanan dengan semangat kesatuan dan persatuan bangsa.

Menghadapi isu tersebut, TNI sebagai garda terdepan pertahanan Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk menangkal penyebaran segala aliran radikal yang mengancam keutuhan dan kedaulatan NKRI. Oleh karenanya seluruh prajurit TNI AL dapat mencermati, memahami dan menyikapinya secara dewasa jangan terpancing dengan provokasi ataupun ajakan yang dapat membawa kerugian diri sendiri dan keluarga maupun institusi.

Di akhir amanatnya, Kasal menyampaikan perintah harian untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas yaitu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan utama dalam setiap tugas yang diemban, serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai pondasi pengabdian kepada bangsa dan negara. Yang kedua terapkan etika dan moral prajurit yang memjunjung tinggi nilai-nilai Sumpah Prajurit, Sapta Marga, delapan wajib Tni, Sebelas Azas Kepemimpinan TNI dan Tri Sila TNI Angkatan Laut.(ss – lant V)

Komentar ditutup.