Galeri

HUT ke-69 TNI Dipusatkan di Surabaya


marinir_04082014143159CNN_RI,Surabaya – Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington menegaskan bahwa peringatan HUT ke-69 TNI akan dipusatkan di Mako Armatim, Surabaya pada 7 Oktober.

“Karena itu, prajurit Marwiltim dituntut untuk dapat menunjukkan loyalitas dan profesionalisme dalam peringatan HUT TNI itu, sebab sukses peringatan itu bertumpu pada prajurit Marwiltim,” katanya dalam apel khusus untuk Halalbihalal Marinir Wilayah Timur di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin.

Dalam apel khusus yang juga dihadiri Ketua PG Kormar Ny. Mediastuti Faridz Washington, Wakil Komandan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) Ivan A.R Titus, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Soeprapto, dan Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Kasirun Situmorang itu, ia menyaSBY-HUT-TNItakan rasa bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada prajurit non-Muslim.

“Karena dengan toleransi yang diberikan menjadikan suasana kondusif sehingga prajurit Muslim dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan lancar,” kata orang nomor satu di jajaran Korps Marinir tersebut.

Dankormar juga mengharapkan kepada seluruh prajurit dan PNS Marinir Wilayah Timur, agar hikmah ramadhan dapat diterapkan dan diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari, sehingga dapat menjadikan prajurit petarung yang religius dan humanis.

Selain menyinggung tentang HUT TNI dan hikmah Ramadhan bagi prajurit, Komandan Korps Marinir juga menilai prajurit Korps Marinir masih tetap menjaga netralitas dalam pilpres yang lancar, aman dan jujur. “Harapannya sampai periode pelantikan Presiden terpilih,” katanya.

Terkait HUT TNI yang dipusatkan di Makoarmatim itu, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) R. G1512676_783641328368477_1796609819864599729_natot Suprapto selaku Perwira Upacara HUT TNI tahun 2014 mengatakan peringatan HUT ke-69 TNI akan dilaksanakan di Dermaga Ujung, Surabaya pada 7 Oktober.

“Kami akan menampilkan sajian yang berbeda daripada peringatan HUT tahun-tahun sebelumnya. Tampilan beda tersebut yaitu, pada saat pasukan bergerak dari daerah persiapan ke tempat upacara parade, seluruh prajurit akan melaksanakan gerakan kolone senapan,” katanya di Surabaya (23/7).

Oleh karena itu, satu Satuan Setingkat Batalyon (SSY) prajurit Marinir TNI AL di bawah pimpinan Mayor Marinir Edi Prayitno telah melaksanakan apel kesiapan yang menampilkan demonstrasi kolone senapan dan defile di lapangan Markas Kodam V/Brawijaya Surabaya pada 23 Juli lalu.

Dalam apel kesiapan yang disaksikan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, Kasdam V Brigjen TNI Asma’i, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Suprapto, Asops Pasmar-1 Kolonel Marinir Sarjito, Asops Gartap Kolonel Marinir Sri Sulistiyo dan Wadan Brigif-1 Mar Letkol Mar Amir Kasman itu, prajurit Batalyon Raider 500 Surabaya dan Batalyon Arhanudse 8 Sidoarjo juga melaksanakan demo kolone senapan dan defile.330976_620

“Kita siapkan prajurit Marinir, Raider 500 dan Arhanudse 8 untuk melakukan demonstrasi kolone senapan dan defile, setelah itu kita pilih yang sesuai untuk ditampilkan dalam upacara HUT TNI tahun 2014,” kata mantan Danpasmar-1 itu.

Selain demo kolone senapan dan defile itu, seluruh alutsista yang dimiliki TNI selama dua periode kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga akan ditampilkan.

“Setelah lebaran idul fitri, satuan yang terlibat dalam upacara akan mengirimkan tiga prajurit untuk melaksanakan latihan kolone senapan yang akan dilatih oleh prajurit Marinir secara terpusat di Surabaya,” kata Asops Gartap III Surabaya Kolonel Marinir Sri Sulistiyo.*Ajisurya

Komentar ditutup.