Galeri

Tiket Masuk KBS Akan Naik Jadi Rp 25 Ribu


brt166545714CNN_RI,Surabaya – Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya akan segera tancap gas melakukan pengembangan dan kesejahteraan satwa KBS. Prioritas utama adalah mendata ulang seluruh satwa dengan tujuan memperkaya atau pengembalian ke alam.

“Dengan adanya izin LK kita sudah bisa mengolah satwa semaksimal mungkin. Kita identifikasi satwa mana yang mempunyai potensi lebih untuk bisa memperkaya, darah baru, ataupun yang sudah surplus akan dilepasliar ke alam,” ungkapnya, Rabu (20/8/2014).

Ratna menambahkan, KBS juga akan melakukan pertukaran satwa, sebagaimana tertera dalam peraturan dan hukum yang berlaku. “Salah satu fungsi lembaga konservasi adalah untuk melestarikan satwa-satwa liar. Harus sesuai dengan aturannya, tidak bisa serta merta. Pertukaran satwa harus dengan satwa lengkap beserta ada penilaian-penilaian tertentu,” terangnya.

Selain kesejahteraan satwa, pihaknya juga akan membuat beberapa perubahan. Salah satunya memanfaatkan lahan yang tidak tertata menjadi memiliki nilai ekonomis. Nantinya, juga ada paket khusus edukasi. Seperti fasilitas belajar dan bermain menjadi dokter hewan. Sedangkan, lahan kosong dijadikan reklame yang unik dan indah.

Disinggung, adakah rencana menaikan harga tiket masuk, Ratna mengamini. Menurutnya, kebijakan itu terkait kebutuhan operasional KBS yang sebagian besar bersumber dari tiket masuk.

Ia menegaskan, saat ini tiket masuk KBS masih Rp 15 ribu. Kemungkinan naik menjadi Rp 25 ribu. “Secara perhitungan keuangan layanan itu adalah angka yang wajar. Karena sudah sesuai angka inflasi, kenaikan upah minimum regional di Surabaya. Tetapi ini pilihan paling terakhir. Kami akan evaluasi sebagaimana mestinya,” tandasnya.*tono – Ajisurya

Komentar ditutup.