Galeri

Awas ada Kertas Suara Pemilu Bolong


brt405007552CNN_RI,Malang – Kertas suara untuk Pemilihan Legislative (Pileg) tingkat DPRD Propinsi Jawa Timur sudah dalam kondisi berlubang. Bolongnya surat suara ini, ditenggarai karena rusak akibat dari pencetakan.

Di Kantor PPK Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis (6/3/2014) siang ini contohnya. Ditemukan 5 lembar surat suara yang rusak. Rusaknya surat suara ini seperti kertas sudah berlubang, sobek hingga muncul gambar cetakan memudar di sudut-sudut gambar. Sehingga, mempengaruhi foto caleg.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kepanjen, Kabupaten Malang, M Muhklis Mubarak, Kamis (6/3/2014) siang, menjelaskan, pelipatan kertas suara dilakukan 24 jam nonstop dan dibagi 3 shif.

“Petugas pelipat kertas suara ini adalah relawan. Mereka kita bagi 3 shif. Per shif ada 20 orang relawan,” ungkapnya.

Sampai siang ini, ditemukan 6 kertas surat suara yang rusak. Total jumlah kertas suara sebanyak 387 ribu. “Surat suara yang kita lipat lebih dulu untuk surat suara DPD, DPR RI, DPRD Propinsi baru kemudian DPRD Kabupaten,” paparnya.

Muhklis melanjutkan, ditarget dalam minggu-minggu ini seluruh pelipatan kertas suara sudah selesai. Khusus di Kepanjen, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 77.047 pemilih. Jumlah TPS di Kepanjen sebanyak 177 dan tersebar di 18 Desa dan Kelurahan se Kecamatan Kepanjen.

Terpisah, Camat Kepanjen, Suwaji, menambahkan, sengaja dilakukan pelipatan awal untuk mencari desain lipatan yang memudahkan bagi pemilih. “Agar pemilih tidak kesulitan mencoblos, kita coba desain melipat lebih awal. Sehingga, model lipatan ini bisa meminimalir kerusakan dan ketidak absahan saat pencoblosan,” pungkasnya. (Ajisurya – Dio)

Komentar ditutup.