Galeri

Risma Liburkan Sekolah di Surabaya


brt423466398CNN_RI,Surabaya – Akibat debu vulkanik Gunung Kelud, seluruh sekolah SD, SMP dan SMA di Surabaya diliburkan. Menyebarnya abu vulkanik di hampir seluruh wilayah Surabaya ini dikhawatirkan membahayakan keselamatan siswa, karena itu seluruh siswa diliburkan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya M. Ikhsan mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melalui rapat dengan beberapa kesatuan terkait upaya penanggulangan dampak dan akibat debu vulkanik kepada warga. “Bagi orang tua yang khawatir anaknya diperbolehkan untuk langsung dijemput pulang dari sekolah,” ucapnya, Jumat (14/2/2014).

Ikhsan melanjutkan, instruksi ini diturunkan langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jatim Soekarwo, bahwa sekolah di seluruh Surabaya diliburkan hingga esok hari. “Bagi sekolah yang sudah melakukan proses belajar mengajar seluruhnya wajib dihentikan. Yang terpenting adalah keselamatan siswa,” imbuhnya.

brt23240785Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg Febria Rachmanita menghimbau warga Surabaya agar tetap berada di dalam rumah atau di dalam gedung. Pihaknya telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi dampak debu vulkanik tersebut, salah satunya dengan membagikan sebanyak 750 ribu masker dibagikan secara gratis ke warga kota Surabaya.

Pembagian ini dilakukan di beberapa titik seperti traffic light Kebun Binatang Surabaya, Rungkut, Taman Surya, dan Taman Bungkul. “Selain itu juga kami mengirim stok masker ke puskemas-puskesmas di seluruh Surabaya,” tegasnya.

Febri menambahkan, Dinkes membuka posko pengaduan dengan hotline 031-8494965. “Waspadai gangguan ISPA (infeski saluran pernafasan atas), sesak, atau batuk. Sepanjang ini saya cek dari puskesmas masih aman-ama saja, belum ada korban atau lonjakan pasien. Kami dengan IDI akan bantu,” tandasnya.

Sementara itu, pihaknya tengah menunggu hasil laboratorium soal kandungan hujan abu yang melanda Kota Pahlawan ini. Kata Febri, pada dasarnya abu vulkanik mengandung Silika yang bisa mengakibatkan robek paru-paru.(benny)

Komentar ditutup.