Galeri

Gunung Kelud Meletus Jalanan Tertutup Pasir, Kapolda Minta Alat Berat Diterjunkan


brt288715252CNN_RI,Kediri  – Hingga Jumat (14/2/2014) malam ini, hampir seluruh jalanan di Kediri dan sekitarnya masih tertutupi pasir dan abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud. Akibatnya, beberapa pengguna jalan kesulitan untuk melintasi. Bahkan, ada diantara mereka yang harus jatuh bangun, karena kendaraan yang dinaiki tergelincir.

Pantauan CNN_RI langsung dari beberapa ruas jalan yang ada di Kota Kediri dan wilayah Kabupaten Kediri menyebutkan, ketebalan pasir dan abu vulkanik mencapai ketinggian antara 5-7 centimeter (cm). Sementara di jalanan utama menuju Gunung Kelud tepatnya di wilayah Kecamatan Ngancar, ketinggian pasir dan abu vulkanik hingga 10-20 cm. Selain itu, juga tampak kerikil-kerikil seukuran ibu jari yang berserakan.

Terkait kondisi jalanan yang masih tertutup pasir dan abu vulkanik, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Unggung Cahyono meminta supaya alat berat segera diterjunkan. ” Kami minta segera didatangkan alat berat. Supaya pasir dan debu yang menutup jalan bisa dibersihkan. Sehingga arus transportasi bisa normal,” ujar Irjen Pol Unggung Cahyono.

Tetapi yang terjadi, pembersihan pasir dan abu vulkanik hanya dilakukan oleh masyarakat. Warga menggunakan alat seadanya seperti cangkul dan alat penggaruk hasil pertanian untuk menyingkirkan pasir dan debu dari jalanan. Sebagian warga yang lain, memilih untuk menyemprot menggunakan air, agar pasir dan abu tidak beterbangan ketika dilintasi kendaraan bermotor. (d2k)

Komentar ditutup.