Galeri

Makan Kupang Lontong, Jangan Lupa Es Degan!


brt466577869CNN_RI,Sidoarjo – Kalau mampir ke Sidoarjo, pastikan Anda mencicipi satu kuliner khas kota udang ini, Kupang Lontong. Makanan tradisional Kupang sudah menjadi sebuah trend, sebagian masyarakat Sidoarjo bahkan menggantungkan hidupnya dari menjual kuliner tradisional tersebut.

Salah satunya adalah warung bu Rokhim di jl. Majapahit, Sidoarjo. Warung kecil ini sudah bertahan lama dengan citarasa kupang yang khas.

Warung ini mengandalkan kupang yang langsung dibeli dari ‘penjual pertama’ atau langsung dari tambak. “Saya kalo beli kupangnya ini pasti ke tempat orangnya yang pertama mas, di tambak itu. Soalnya meski jauh kupangnya masih seger dan harganya lumayan murah,” kata bu Rokhim kepada Cakra Nusantara News, Kamis (23/1/2014).

Menurutnya, rasa Kupang akan dianggap nikmat bila bahan utamanya masih segar. “Kalo bikin kupang lontong ya lebih terasa kalo kupangnya masih seger,” ujarnya.

Karena itulah Kupang masih diminati hingga kini. Selain itu, saat makan Kupang sebaiknya minum es degan. Mengapa? Ternyata hewan bernama Corbula Faba H ini menyimpan sedikit racun yang akan dinetralisir dengan air kelapa muda.

“Saat makan Kupang, jangan lupa minum air degan, karena akan menetralisir racun di dalamnya,” papar Sri Lestari, pemerhati kuliner asal Yogyakarta.(benny)

Komentar ditutup.