Galeri

PKL Kampung Ilmu Ingatkan Spirit Pancasila


brt920744108Surabaya,CNN – Bertepatan Hari Lahirnya Pancasila, yakni 1 Juni, sejumlah PKL di Kampoeng Ilmu menggelar Kirab Replika Garuda, Sabtu (1/6/2013). Aksi yang dilakakukan dari Kampoeng Ilmu menuju Tugu Pahlawan dan kembali lagi ke Kampoeng Ilmu itu, bertujuan agar pondasi negara Indonesia tidak luntur dimakan zaman.

“Saat ini banyak orang yang sudah tidak berpancasila lagi, ini tujuan kita mengarak replika garuda ini,” ujar Budi Santoso, Koordinator PKL Kampoeng Ilmu.

“Meskipun kita hanya sekedar pedagang kaki lima, tapi kita juga harus paham dengan Pancasila. Masak penjual buku tidak ngerti sejarah Pancasila,” lanjutnya.

Replika Garuda yang dibuat dari kain setinggi 7 meter itu, juga diarak oleh PKL yang mengenakan baju Sakera dan Kebaya, termasuk alunan musik Reog Ponorogo.

“Spirit kepancasilaan itu harus ditumbuhkan kembali, jangan hanya pepesan kosong. Meskipun kita pedagang kaki lima, kita ingin menularkan spirit Pancasila ke warga Surabaya,” terang Budi Santoso.

Setelah dikirab, para PKL mengakhiri dengan upacara di halaman Kampoeng Ilmu dengan memotong tumpeng bersama. “Ini bentuk syukur kita kepada pancasila,” ungkapnya.(Ajisurya)

Komentar ditutup.