Galeri

Sering Kenakan Bra Tingkatkan Risiko Kanker Payudara


CN – Bra atau penyangga payudara pada wanita dipercaya bisa menjaga bentuk payudara tetap indah dan kencang, terutama bagi wanita yang sudah memiliki buah hati dan menyusui.

Sering-Kenakan-Bra-Tingkatkan-Risiko-Kanker-Payudara

Ilustrasi

Namun, penelitian mengungkap bahwa mengenakan bra terlalu lama dapat meningkatkan suhu di sekitar payudara yang bisa memicu timbulnya kanker payudara.

Adalah ilmuwan dari Sydney-Australia, bernama Soma Grismaijer yang melakukan penelitian mengenai berapa lama waktu yang sehat mengenakan bra bagi wanita. Grismaijer mengatakan bahwa waktu ideal untuk mengenakan bra adalah kurang dari 12 jam. Ia menyarankan kepada wanita di seluruh dunia, jika ingin menghindari risiko kanker payudara sebaiknya tidak terlalu sering mengenakan bra. Berapa lama? yaitu kurang dari 12 jam sehari.

Hasil Studi tentang Bra dan Kanker Payudara

Kesimpulan ini didapat setelah Grismaijer meneliti kebiasaan memakai bra 4.500 wanita di lima kota besar Amerika Serikat. Hasil studi yang dilakukan Grismaijer menunjukkan bahwa wanita yang mengenakan bra selama 24 jam sehari lebih berisiko terserang kanker payudara ketimbang wanita yang jarang memakai bra. Dalam penelitian tersebut, Grismaijer juga mendapatkan sebuah statistik singkat tentang berapa lama wanita mengenakan bra dalam sehari, yaitu:

  • 3 dari 4 wanita memakai bra 24 jam per hari
  • 1 dari 7 wanita memakai bra lebih dari 12 jam per hari, tetapi tidak menggunakannya saat tidur
  • 1 dari 152 wanita memakai bra kurang dari 12 jam per hari
  • 1 dari 168 wanita jarang atau bahkan yang tidak pernah memakai bra sama sekali

Lebih jauh, dari hasil statistik tersebut didapatkan kesimpulan bahwa wanita yang mengenakan bra selama 24 jam berisiko 125 kali lebih besar terkenan kanker payudara ketimbang mereka yang jarang mengenakan bra. Hasil studi Grismaijer ini telah dimuat dalam sebuah buku berjudul, Dressed To Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras.

Cegah Kanker Payudara

“Tidur adalah saat yang tepat untuk mengistirahatkan payudara. Sebaiknya jangan tidur dengan bra,” ungkap Grismaijer.

Selain tidur tanpa bra, rajin menyusui sang buah hati juga bisa menurunkan risiko kanker payudara. Ini terjadi karena sistem limfatik pada payudara hanya berkembang optimal selama masa kehamilan dan menyusui. Itulah sebabnya wanita yang terlalu lama memakai bra dan menunda untuk punya anak berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Secara global, lebih dari 70 persen wanita yang terkena kanker payudara pada dasarnya tidak memiliki risiko kanker payudara. Namun peneliti menduga bahwa kebiasaan mengenakan bra dengan ukuran yang tidak sesuai dan dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Bra yang terlalu sempit dapat meningkatkan suhu dan menghalangi aliran getah bening di daerah payudara. Seperti kita ketahui bahwa getah bening berfungsi untuk membersihkan limbah dan racun penyebab kanker serta menjauhkannya dari payudara.

Komentar ditutup.