Galeri

Pilgub Jatim 2013 Pakde Karwo Didukung 22 Parpol Non Parlemen


brt234600048

Pakde Sukarwo

CN,Surabaya – Situasi politik menjelang pilgub Jatim 29 Agustus 2013 terus menghangat. Kabar terbaru menyebutkan, sebanyak 22 parpol non parlemen (tidak punya kursi DPRD Jatim) diklaim telah mendukung incumbent Gubernur Soekarwo.

“Ke-22 partai non parlemen itu sepakat memberikan dukungan kepada saya untuk running pilgub. Semalam, saya jagongan dengan para pengurus partai non parlemen itu. Jagongannya sampai malam,” kata Pakde Karwo kepada wartawan, Jumat (4/1/2013).

Menurut dia, komunikasi politik akan terus dilakukan hingga menjelang pilgub Jatim. Pada Senin (7/1/2012) mendatang, Pakde Karwo dijadwalkan mendatangi dua partai politik (parpol) parlemen untuk mendapat rekomendasi dukungan resmi .

Namun, Ketua Umum DPD Partai Demokrat Jatim ini menolak menyebutkan dua parpol yang dikunjungi. “Ya, Senin saja sekalian berangkat sama-sama,” kilahnya.

Informasi yang diterima Cakra Nusantara, dua parpol yang akan ‘dilamar’ Pakde Karwo yaitu Partai Hanura dan Partai Golkar. Pada pukul 09.00 WIB ke kantor DPD Partai Hanura Jatim dan pukul 10.00 WIB di kantor DPD Partai Golkar Jatim.

Wakil Bendahara DPP Partai Golkar Ridwan Hisjam kepada Cakra Nusantara, mengaku telah menerima undangan untuk menghadiri acara pertemuan dengan Pakde Karwo itu.

Ketua Umum DPD Partai Golkar Jatim, Martono juga memastikan Pakde Karwo akan berkunjung ke Kantor DPD Partai Golkar (PG) Jatim dan akan diterima Wakil Ketua DPD PG Jatim Gatot Sudjito.

Mengapa Partai Hanura Jatim didatangi? Ini karena Ketua Umum Partai Hanura Wiranto saat pelantikan pengurus Gema Hanura se-Jatim di Surabaya akhir tahun lalu menegaskan, partainya mendukung Pakde Karwo sebagai cagub.

Ketika hal itu dikonfirmasikan ke Pakde Karwo, lagi-lagi Pakde Karwo tidak mau blak-blakan. “Pokoknya ada dua parpol yang saya datangi Senin. Kan tidak enak kalau saya sebutkan sekarang, sementara pengurus parpol itu bilang tidak bisa hari Senin dan meminta saya datang Selasa,” tuturnya.

Langkah mendatangi kantor parpol perlu dilakukan Pakde Karwo, karena ini merupakan bagian dari prosedur partai yang harus dilalui. “Saya tidak bisa langsung datang, karena ada mekanisme partai yang harus dilalui. Saya datang ke partai, terus dirapatkan, kemudian mereka membuat surat rekomendasi ke DPP-nya,” jelasnya.

Pakde Karwo juga menolak ditanya tentang enam nama cawagub yang ditawarkan dari Partai Golkar sebagai pasangannya. “Saya tidak mau kira-kira. Partai Golkar baru resmi menyatakan dukungan tanggal 14 Januari 2013 saat Rakerda DPD Golkar Jatim,” tandasnya.

Komentar ditutup.