Galeri

Dasiyem Nenek Berusia 165 Tahun


CN,Tuban – Ditemukannya nenek berusia lebih dari 165 tahun di Dusun Guyangan, Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, masih membuat banyak orang tak percaya.

Sebab, sudah seharusnya Dasiyem, begitu ia biasa disapa sudah meninggal dunia. Itu melihat para kakek maupun nenek yang sebenarnya jauh dibawah umurnya. Ditemukannya nenek berusia kurang lebih 1,5 abad itu saat dilakukan pendataan oleh tim sensus penduduk Pemkab Tuban. Saat memasuki desa setempat, petugas dibuat kebingungan.

Data yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, Senin lalu menyebutkan, jika menurut sejumlah cucu Dasiyem, nenek buyutnya itu ditengarai menjalani atau mempelajari ilmu kesaktian.

“Yang kami heran, saat hidup bersama kami sakit yang dirasakan hanya pegel linu saja,” kata Kuntini, salah seorang familinya.

Saat penyakit itu kambuh, maka biasanya hanya diobati dengan cara disuntik saja. Sebab selama hidupnya, Dasiyem juga tidak pernah minum jamu. Ditanya mengenai rahasia awet muda? Dasiyem mengaku memiliki doa khusus.

Sayang, saat ditanya berulang-ulang oleh wartawan, nenek yang memiliki dua orang cucu, enam orang buyut, serta tujuh orang canggah itu enggan menjelaskannya. “Itu doa rahasia dan tidak boleh diberikan kepada sembarang orang,” lanjutnya.

Wanita tertua di Kabupaten Tuban ini panjang umur dan awet muda itu lantaran mendalami ilmu kesaktian. Menurut beberapa keluarganya, setiap menjelang sore, Dasiyem selalu menyendiri di kamar yang gelap dan sepi sambil merapal mantra-mantra Jawa yang sulit untuk dipahami oleh masyarakat umum.
“Siapa yang mengetahuinya, suaranya aneh dan tidak bisa dimengerti,” tambahnya.

Menurut Kuntini, setiap hari kegiatan yang dijalani oleh Dasiyem juga tak jauh beda dengan wanita-wanita berusia tua yang tinggal di daerah perbukitan. Ditempat yang jauh dari keramaian Kota Tuban dan terletak di sebelah barat kota tuak itu, biasanya ia hanya duduk-duduk sambil bercengkrama bersama anak buyut dan dua bocah yang merupakan keturunan ke empatnya yang tinggal bersamanya.

“Bisa dilihat sendiri to, tubuhnya sehat dan nampak masih ringan digunakan berjalan keluar masuk rumah,” sambungnya. Termasuk juga gigi dan rambutnya masih utuh.

Komentar ditutup.