Galeri

Air Terjun Aling-Aling Bali


CN,Buleleng, Singaraja – Hampir keseluruhan wilayah Bali rupanya menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Oleh sebab itu, jumlah pengunjung dari tahun ke tahunnya terus meningkat karena Bali seolah relevan dengan ungkapan one stop holiday. Anda cukup berkunjung ke Pulau Bali maka berbagai atraksi dan keindahan alam yang tak disamai di daerah-daerah lainnya bisa didapati. Dari satu objek wisata ke objek yang lainnya tak memerlukan waktu yang lama karena beratus-ratus aneka macam instrumen wisata telah tersedia di pulau nan indah ini.

Dan salah satu yang menjadi lokasi wisata favorit itu adalah air terjun (waterfall). Di kawasan Bali utara, atau tepatnya di Kabupaten Buleleng ada air terjun yang terkenal memiliki keunikan tersendiri dan panorama alam yang mengagumkan, yakni Air Terjun Aling-Aling. Aling-Aling ini merupakan salah satu air terjun yang menjadi favorit karena selain potensi keindahan dan kealamian daerahnya, juga lokasinya yang berdekatan dengan pusat keramaian kota, Singaraja.

Ketika menuju ke Air Terjun Aling-Aling ini pendatang paling tidak harus melewati 2 air terjun kecil di sebuah sungai kecil. Biasanya pengunjung akan berhenti di kedua air terjun kecil itu untuk sejenak beristirahat dan menikmati keindahan alam disekelilingnya. Kemudian pengunjung juga meski menuruni ratusan anak tangga sebelum akhirnya sampai di objek wisata yang mengagumkan ini. Rasa lelah dan capek setelah menuruni anak tangga seolah tak terasa dan terbayar lunas seketika oleh suara derunya air yang terjun dari ketinggian sekitar 35 meter. Ketika mendekat, suaranya semakin nyaring, dan percikan-percikan kecil air akan menyapa tubuh dan muka.

Lokasi air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi serta pepohonan yang hijau yang mencerminkan bahwa daerah tersebut masih perawan dari perambahan hutan. Air terjun ke bawah terpecah menjadi dua bagian dengan debit air yang berbeda. Air terjun yang sebelah kanan lebih besar serta deras dibandingkan air terjun disebelah kirinya. Namun demikian, keduanya sama-sama memberikan sensasi yang menggugah dan memberikan kesan yang mendalam.

Lokasi wisata Air Terjun Aling-Aling ada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali. Berjarak sekitar 110 km dari Bandara Ngurah Rai yang bisa ditempuh sekitar 3 jam-an.

Komentar ditutup.